Terdapat
bermacam-macam pendekatan (approach) dalam evaluasi program, sebagian telah
digunakan secara luas dan sebagian lagi digunakan di kalangan terbatas. Fraser
(1982) menunjukkan 23 pendekatan khusus dalam bidang evaluasi kurikulum. Guba
dan Lincoln (1981) menyatakan lebih dari 40 pendekatan telah dibahas secara
memadai dalam literatur evalusi program-program pendekatan dan pengembangan
masyarakat sejak tahun 1967. Masing-masing pendekatan mempunyai pengertian
evaluasi sesuai dengan orientasi yang telah dirumuskan oleh pakar-pakar dan
pendukung-pendukungnya.
Untuk
memahami pengertian evaluasi dan baiknya pendekatan-pendekatan evaluasi
diklasifikasikan sesuai dengan orientasi yang terdapat di dalamnya. Istilah
orientasi mengacu pada konsep umum evaluasi dan atas dasar konsep-konsep ini
dikembangkan bermacam-macam prosedur evaluasi. Pendekatan-pendekatan evaluasi
dapat diklasifikasikan menjadi delapan orientasi, yaitu goal-attainment, goal-free,
decision facilitation, nation-ideology, art cretician, illumination, adversary
dan participatory (Kadir, 1986).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar