Informasi Terbaru

Rabu, 25 September 2013

PENGERTIAN EVALUASI BERDASARKAN ORIENTASI MASING-MASING PENDEKATAN



         Terdapat bermacam-macam pendekatan (approach) dalam evaluasi program, sebagian telah digunakan secara luas dan sebagian lagi digunakan di kalangan terbatas. Fraser (1982) menunjukkan 23 pendekatan khusus dalam bidang evaluasi kurikulum. Guba dan Lincoln (1981) menyatakan lebih dari 40 pendekatan telah dibahas secara memadai dalam literatur evalusi program-program pendekatan dan pengembangan masyarakat sejak tahun 1967. Masing-masing pendekatan mempunyai pengertian evaluasi sesuai dengan orientasi yang telah dirumuskan oleh pakar-pakar dan pendukung-pendukungnya.

          Untuk memahami pengertian evaluasi dan baiknya pendekatan-pendekatan evaluasi diklasifikasikan sesuai dengan orientasi yang terdapat di dalamnya. Istilah orientasi mengacu pada konsep umum evaluasi dan atas dasar konsep-konsep ini dikembangkan bermacam-macam prosedur evaluasi. Pendekatan-pendekatan evaluasi dapat diklasifikasikan menjadi delapan orientasi, yaitu goal-attainment, goal-free, decision facilitation, nation-ideology, art cretician, illumination, adversary dan participatory (Kadir, 1986).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar