SATUAN
ACARA PERKULIAHAN (SAP)
SEMESTER
GANJIL 2013/2014
- IDENTITAS
MATA KULIAH :
EVALUASI PROGRAM PLS
SANDI : PLS
SKS/JS : ¾
PENGAMPU :
Dr. Ach. Rasyad, M.Pd
- KOMPETENSI
Setelah
mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa
memiliki kemampuan untuk merancang
desain evaluasi, melaksanakan evaluasi dan menyusun laporan hasil evaluasi
- INDIKATOR
Mahasiswa
diharapkan mampu menjelaskan sejarah
perkembangan evaluasi program, alasan dan tujuan evaluasi, klien dan audien
evaluasi, tipe dan aspek evaluasi, model-model evaluasi, disain dan metode
evaluasi, instrumen dan analisis data evaluasi , dan penyusunan laporan
evaluasi.
- KEGIATAN PERKULIAHAN
Pertm
|
Pokok bahasan
|
Kegiatan Perkuliahan
|
Acuan
|
1
|
Pengantar dan kontrak kuliah
|
Penyampaian,
tanya jawab, target dan kesepakatan
|
Pedoman
SAP
|
2,3
|
Sejarah Evaluasi
|
Kaji bahan, diskusi, resume
|
3
|
4
|
Alasan dan Tujuan Evaluasi
|
Kaji pustaka, diskusi
|
9, 11
|
5
|
Klien dan Audien Evaluasi
|
Identifikasi, contoh
|
4. 3, 11
|
6,
|
Tipe dan Aspek
Evaluasi
|
Identifikasi,
kerja klp, susun tugas-tugas
|
1, 2
|
6,7,8
|
Model-Model
Evaluasi
|
Kaji pustaka,
banding model dan tugas-tugas
|
3, 7, 5
|
9,10,11
|
Disain dan
metode Evaluasi
|
Susun disain
dan metode, susun tugas-tugas
|
7, 8, 9
|
12,13
|
Instrumen dan
Analisis Data
|
Susun instrument dan analisis data
|
6, 8, 9
|
14,15
|
Penyusunan Laporan
|
Praktek sususn laporan
|
3, 8
|
16
|
Review matakuliah
|
Dialog dan
penyampaian kesan dan harapan
|
Pedoman dan
dokumen kontrak
|
|
|
|
|
- METODE DAN MEDIA
Perkuliahan ini
menggunakan metode ; ceramah, diskusi, penugasan (individual, kelompok), dan
praktikum (kerja praktek)
Sedangkan media
yang digunakan adalah LCD, papan flanel dan pedoman praktikum
- EVALUASI
a. Tes awal,
tengah dan alkhir semester
b. Tugas
individual dan kelompok
- DAFTAR PUSTAKA
1.
Batchler,
M.W. 1984. Action Evaluation.
Unpublished paper and lecture notes, University
of New England
2.
Cronbach,
L.J, 2000, Toward Reform of Program
Evaluation, San Francisco,Jossey-Bass Inc., Publishers.
3.
Madaus,
G.F. et al. 1983. Program Evaluation;
A Historical Overview. In Evaluation
Models: Viewpoints on Educational and Human Services Evaluation. Boston,
Kluwer Nijhoff Publishing
4.
Mezirow, J and Others 1975. An Evaluation of Adult Basic Education in the State of IOWA: Findings:
A Perspective Descrepancy Assessment, 1974-1975. New York Center for Adult
Education, Volume 1. (EDRS. ED 109513)
5.
Papagianis,
1975, Evaluation Research on Education,
Chichago, Follet Publishing Co.
6.
Rasyad, Ach 1993, Reasessmen Kebutuhan Latihan Dasar Petugas Lapangan Keluarga Berencana,
Studi Evaluasi Lanjutan di Jawa Timur, Malang, Lembaga Penelitian IKIP
Malang.
7.
Rasyad, Ach.2009, Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keefektifan Pelatihan Pamong Belajar di
BPPLSP Regional IV Surabaya, Disertasi, Malang, PPS
8.
Rutman,
2004, Evaluation Research Methods,
New York, John Wiley & Sons.
- Worthen, B.R. and Sanders, J.R. 1973. Educational Evaluation: Theory and Practice. Ohio, Charles A.Jones Publishing.
- INSTRUMEN EVALUASI
- Jelaskan kharakteristik perbedaan 4 tahapan perkembangan evaluasi program PLS disertai contoh-contoh !
- Mengapa program-program PLS harus dievaluasi?
- Laporan evaluasi program PLS ada yang tidak jelas tindaklanjutnya, karena tidakjelasnya klien dan audien, Jelaskan pernyataan tsb!
- Jelaskan perbandingan antara beberapa model evaluasi yang anda ketahui!
- Benarkah dalam evaluasi juga dikenal pendekatan kuantitatif dan pendekatan kualitatif seperti dalam penelitian? Jelaskan !
- Susunlah disain evaluasi untuk program PLS yang ada di sekitar anda
Tidak ada komentar:
Posting Komentar