Informasi Terbaru

Selasa, 24 September 2013

Mata Kuliah Evaluasi Program PLS Angkatan 2011 PLS UM Offering A dan B



SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
SEMESTER GANJIL 2013/2014

  1. IDENTITAS
MATA KULIAH : EVALUASI PROGRAM PLS
SANDI                 :  PLS
SKS/JS                 :  ¾
PENGAMPU       :  Dr. Ach. Rasyad, M.Pd

  1. KOMPETENSI
Setelah mengikuti mata kuliah ini,  mahasiswa memiliki kemampuan  untuk merancang desain evaluasi, melaksanakan evaluasi dan menyusun laporan hasil evaluasi

  1. INDIKATOR
Mahasiswa diharapkan  mampu menjelaskan sejarah perkembangan evaluasi program, alasan dan tujuan evaluasi, klien dan audien evaluasi, tipe dan aspek evaluasi, model-model evaluasi, disain dan metode evaluasi, instrumen dan analisis data evaluasi , dan penyusunan laporan evaluasi.
     
  1. KEGIATAN PERKULIAHAN


Pertm
Pokok bahasan
         Kegiatan Perkuliahan
Acuan
1
Pengantar dan kontrak kuliah
Penyampaian, tanya jawab, target dan kesepakatan
Pedoman
SAP
2,3
Sejarah Evaluasi
Kaji bahan, diskusi, resume 
3
4
Alasan dan Tujuan Evaluasi
Kaji pustaka, diskusi
9, 11
5
Klien dan Audien Evaluasi
Identifikasi, contoh
4. 3, 11
6,
Tipe dan Aspek Evaluasi
Identifikasi, kerja klp, susun tugas-tugas
1, 2
6,7,8
Model-Model Evaluasi
Kaji pustaka, banding model dan tugas-tugas
3, 7, 5
9,10,11
Disain dan metode Evaluasi
Susun disain dan metode, susun tugas-tugas
7, 8, 9
12,13
Instrumen dan Analisis Data
Susun instrument dan analisis data
6, 8, 9
14,15
Penyusunan Laporan
Praktek sususn laporan
3, 8
16
Review matakuliah
Dialog dan penyampaian kesan dan harapan
Pedoman dan dokumen kontrak





     
  1. METODE DAN MEDIA
Perkuliahan ini menggunakan metode ; ceramah, diskusi, penugasan (individual, kelompok), dan praktikum (kerja praktek)
Sedangkan media yang digunakan adalah LCD, papan flanel dan pedoman praktikum

  1. EVALUASI
a. Tes awal, tengah dan alkhir semester
b. Tugas individual dan kelompok
     
  1. DAFTAR PUSTAKA

1.      Batchler, M.W. 1984. Action Evaluation. Unpublished paper and lecture notes,  University of New England

2.      Cronbach, L.J, 2000, Toward Reform of Program Evaluation, San Francisco,Jossey-Bass Inc., Publishers.

3.      Madaus, G.F. et al. 1983. Program Evaluation; A Historical Overview. In Evaluation Models: Viewpoints on Educational and Human Services Evaluation. Boston, Kluwer Nijhoff   Publishing

4.      Mezirow, J and Others 1975. An Evaluation of Adult Basic Education in the State of IOWA: Findings: A Perspective Descrepancy Assessment, 1974-1975. New York Center for Adult Education,  Volume 1. (EDRS. ED 109513)

5.      Papagianis, 1975, Evaluation Research on Education, Chichago, Follet Publishing Co.

6.      Rasyad, Ach 1993, Reasessmen Kebutuhan Latihan Dasar Petugas Lapangan Keluarga Berencana, Studi Evaluasi Lanjutan di Jawa Timur, Malang, Lembaga Penelitian IKIP Malang.

7.      Rasyad, Ach.2009, Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keefektifan Pelatihan Pamong Belajar di BPPLSP Regional IV Surabaya, Disertasi, Malang, PPS

8.      Rutman, 2004, Evaluation Research Methods, New York, John Wiley & Sons.

    1. Worthen, B.R. and Sanders, J.R. 1973. Educational Evaluation: Theory and Practice. Ohio, Charles A.Jones Publishing.



     
  1. INSTRUMEN EVALUASI

    1. Jelaskan kharakteristik perbedaan 4 tahapan perkembangan evaluasi program PLS disertai contoh-contoh !

    1. Mengapa program-program PLS harus dievaluasi?

    1. Laporan evaluasi program PLS ada yang tidak jelas tindaklanjutnya, karena tidakjelasnya klien dan audien, Jelaskan pernyataan tsb!

    1. Jelaskan perbandingan antara beberapa model evaluasi yang anda ketahui!

    1. Benarkah dalam evaluasi juga dikenal pendekatan kuantitatif dan pendekatan kualitatif seperti dalam penelitian? Jelaskan !

    1. Susunlah disain evaluasi untuk program PLS yang ada di sekitar anda



Tidak ada komentar:

Posting Komentar